Penjara

 347 total views,  4 views today

Dulu para narapidana disekap dalam suatu bangunan yang disebut dengan penjara. Sekarang sebutan penjara telah diganti dengan Lembaga Pemasyarakatan,  merupakan muara dari Criminal Justice System (Sistem Peradilan Pidana). Sebagai sub sistem peradilan pidana, Lembaga Pemasyarakatan memegang peranan yang sangat penting guna tercapainya tujuan sistem peradilan pidana, yakni tercapainya:

  1. Resosialisasi dan rehabilitasi pelaku tindak pidana;
  2. Pengendalian dan pencegahan kejahatan dalam konteks politik kriminal (criminal policy);
  3. Kesejahteraan masyarakat (social welfare) dalam konteks politik sosial (social policy).

Di dalam sistem peradilan pidana terdapat adanya suatu Input – Proses – Output. Yang dimaksud dengan Input ialah laporan/pengaduan tentang terjadinya tindak pidana; Proses ialah tindakan yang diambil oleh pihak Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, dan Lembaga Pemasyarakatan; sedangkan Output ialah hasil-hasil yang diperoleh.

Sebagai suatu sistem, di dalam mekanismenya mensyaratkan adanya kerjasama di antara sub sistem (:vide skema mekanisme sistem peradilan pidana). Apabila salah satu sub sistem itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan terganggulah sistem ini secara keseluruhan. Oleh karena itu, keempat sub sistem itu memiliki hubungan yang sangat erat satu dengan yang lainnya. Dengan kata lain, keempat sub sistem itu merupakan kesatuan, meskipun tugasnya berbeda-beda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *